Breaking News:

TRIBUNWIKI

Siklon Tropis, Terbentuk di Lautan yang Luas, Mampu Menghasilkan Badai

Siklon tropis terbentuk di lautan yang luas dan suhu permukaaan lautnya hangat. Indonesia rata - rata suhu lautnya hangat, bisa mencapai 26°C. 

HO
Siklon Tropis Surigae  

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN- Siklon Tropis adalah fenomena yang terjadi akibat gejala alam. Tak jarang, fenomena itu pun meresahkan warga. 

Pasalnya, dapat menimbulkan angin kencang dan gelombang yang besar. Perumahan warga pun jika berada di wilayah Siklon Tropis akan terancam didera angin puting beliung. 

Marta Manurung selaku Staf Pelayanan Jasa BMKG Wilayah I Medan menjelaskan Siklon Tropis adalah badai dengan kekuatan yang besar.

Radiusnya dapat mencapai 150 - 200 Km. 

Siklon tropis terbentuk di lautan yang luas dan suhu permukaaan lautnya hangat. Indonesia rata - rata suhu lautnya hangat, bisa mencapai 26°C. 

"Nah siklon tropis itu mendapatkan energi dari suhu hangat itu. Lalu, angin yang berada di sekitar lokasi dapat mencapai 63 km/jam. Jadi sangat kencang," kata Martha Manurung kepada Tribun Medan, Senin (26/4/2021). 

Baca juga: Surat Palsu yang Berujung Pencopotan Dua Perwira Polsek, Kasusnya Bergulir di PN Medan

Secara teknis, Siklon Tropis merupakan sistem tekanan rendah di atas stand hangat dengan wilayah perairan konveksi dan kecepatan angin maksimum dapat mencapai 63 km/jam. 

Ia menjelaskan di dunia Siklon Tropis terjadi sering  terbentuknya di lautan Atlantik Utara, Pasifik, Samudra Hindia, Pasifik Barat Daya, sekitaran Australia, serta samudra yang luas. 

"Biasanya kalau sikon itu mendekati ke daratan dia akan musnah karena tidak mendapat energi lagi," 

Siklon Tropis Surigae 
Siklon Tropis Surigae  (HO)

Baca juga: NIK KTP Riyan Dicatut Pihak Leasing, Terdaftar Memiliki Hutang Rp 91 Juta

Dia menjelaskan fenomena Trojan di NTT sempat terjadi selama seminggu. Mulai muncul 4 April dan semakin lama menjauhi Indonesia. 

Halaman
123
Penulis: Goklas Wisely
Editor: Ayu Prasandi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved