Breaking News:

Cara Pembuatan Eco Enzyme, Sampah Yang Diubah Menjadi Bernilai Ekonomis  

Melihat situasi itu, belakangan banyak peneliti ingin memanfaatkan sampah menjadi bernilai ekonomis mengatasi sedikit demi sedikit persolan.

Penulis: Kristen edi sidauruk | Editor: Ayu Prasandi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN- Sampah kerap kali dipandang orang tidak mempunyai nilai dan bahkan menyebabkan persoalan serius dalam kehidupan sehari-hari masyarakat saat ini, contohnya kebanjiran, bau busuk bahkan menimbulkan penyakit.

Produksi sampah yang kian hari terus meningkat berbanding lurus dengan tingginya pemenuhan kebutuhan masyarakat tiap harinya.

Baca juga: Pemprov Sumut Buka Seleksi Terbuka Lima Jabatan Eselon II

Pemerintah sendiri tidak sedikit menggelorakan dana untuk menanggulangi pengolahan sampah, mulai dari pengadaan dan pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA), penyediaan alat transportasi pengangkutan yang ramah lingkungan, juga menggaji pegawai kebersihan. 

Melihat situasi itu, belakangan banyak peneliti ingin memanfaatkan sampah menjadi bernilai ekonomis mengatasi sedikit demi sedikit persolan persoalan pengelolaan sampah. 

Satu diantaranya yaitu pemanfaatan limbah organik menjadi berbagai bahan yang bisa dimanfaatkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, seperti hand sanitizer, alat pembersih rumah, detox dan menjadi pupuk organik. 

Untuk menghasilkan bahan ramah lingkungan yang disebut Eco Enzyme dari sampah organik tersebut dilakukan dengan mencampurkan berbagai bahan-bahan seperti molase (air tetes tebu) bisa juga gula merah, sampah kulit buah atau sisa sayuran dan air bersih. 

Baca juga: Jadwal Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Direksi BUMD Kota Medan Mundur

Berikut cara pembuatan, bahan-bahan dan perbandingan membuat Eco Enzyme :

Bahan-bahan :

- 1 kg gula merah

- 1 liter molase dibutuhkan 3 kg sampah kulit buah atau sisa sayuran dan 10  liter air bersih. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved