Breaking News:

Materi Belajar Sekolah

Materi Belajar IPS SMA: Penjelasan Konsep Stratifikasi Sosial dan Pengendalian Sosial

Kita akan membahas tentang Konsep stratifikasi sosial, dasar-dasar pembentukan pelapisan sosial, dan pengaruh stratifikasi sosial dalam masyarakat.

Ilustrasi
Ilustrasi Sertifikasi Sosial 

TRIBUN-MEDAN.com - Menurut asal-usul kata stratifikasi sosial berasal dari kata stratum dan sosial. 

Stratum memiliki arti lapisan dan sosial memiliki arti masyarakat. 

Kita akan membahas tentang Konsep stratifikasi sosial, dasar-dasar pembentukan pelapisan sosial (indikator stratifikasi sosial), dan pengaruh stratifikasi sosial dalam masyarakat.

Stratifikasi sosial sering diartikan sebagai pengelompokan atau pembeda lapisan para anggota masyarakat secara bertingkat.

Istilah ini sebenarnya sudah sering didengar terutama dalam kehidupan sosial.

Pitirim A. Sorokin, menyatakan bahwa stratifikasi sosial adalah perbedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat atau hierarki.

Seluruh masyarakat memiliki perbedaan, seperti perbedaan jenis pekerjaan, perbedaan penghasilan, perbedaan pengeluaran kebutuhan hidup hingga perbedaan cara hidup.

Sedangkan, menurut P.J Bouman, maka stratifikasi sosial adalah golongan manusia yang ditandai dengan cara hidup dalam kesadaran akan beberapa hak istimewa tertentu.

Pendapat lain berasal menurut Selo Soemardjan dan Soeleman Soemardi bahwa stratifikasi sosial, yaitu selama terdapat sesuatu yang dihargai maka sendirinya pelapisan sosial tersebut terjadi.

Dasar Pembentukan Pelapisan Sosial

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved