Breaking News:

Materi Belajar Sekolah

Materi Belajar IPA SMP: Proses Terjadinya Pelangi dan Jenis-jenisnya

Materi belajar sekolah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Sekolah Menengah Pertama (SMP) tentang proses terjadinya pelangi dan jenis-jenisnya

Tribun Medan
Dua pria berswafoto dengan latar belakang fenomena alam pelangi di kawasan Jalan Wahid Hasyim, Medan, Sumatera Utara, Rabu (29/7/2020). Fenomena alam munculnya pelangi tersebut terjadi karena proses pembiasan sinar matahari ke tetesan air hujan sehingga menimbulkan bermacam deretan warna.TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI 

TRIBUN-MEDAN.com - Materi belajar sekolah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Sekolah Menengah Pertama (SMP) tentang proses terjadinya pelangi dan jenis-jenisnya

Terjadinya pelangi karena proses pembiasan. Matahari membiaskan sinarnya ke tetes-tetes atau air dan menghasilkan warna-warna indah yang terpisahkan.

Saat proses pembiasan sinar matahari terjadi, cahaya dibelokan berpindah tempat dari arah lain dari perjalanan satu medium ke medium lainnya (udara ke air).

Setiap warna-warna pelangi akan dibelokkan pada sudut yang berbeda sehingga akan memberikan warna yang indah pada pelangi.

Warna pertama yang di belokkan adalah warna ungu, sedangkan warna terakhir yang di belokkan adalah warna merah.

Nantinya, akan terlihat warna mejikuhibiniu, yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

Dilansir dalam Encylopaedia Britannica (2015), pelangi paling sering terlihat saat sinar matahari menyerang tetesan hujan yang jatuh dari awan hujan yang jauh.

Biasanya, ini terjadi pada pagi hari atau sore hari. Saat matahari terlalu jauh di atas cakrawala, maka tidak ada pelangi yang terlihat.

Jika matahari lebih rendah di langit, bagian dari busur itu menjadi terlihat. Jika matahari cukup rendah dan saat berada di tempat yang cukup tinggi, seperti di gunung atau di pesawat terbang, akan melihat pelangi melingkar.

Jenis pelangi

Dilansir Tribun Solo (2/4/2019), ada lima jenis pelangi. Berikut kelima jenis pelangi dan penjelasannya:

1. Pelangi primer

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved