Jangan Sampai Menyesal, Lakukan 7 Cara Ini Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Selain itu, ginjal juga membuang asam yang diproduksi oleh sel-sel tubuh dan menjaga keseimbangan air, garam, dan mineral yang sehat dalam darah.

shutterstock
Gejala awal sakit ginjal terkadang jarang diketahui. 

TRIBUN-MEDAN.com - Kesehatan ginjal sangat penting dijaga mengingat fungsinya yang begitu vital. Ginjal diketahui berfungsi membuang limbah dan cairan ekstra dari tubuh.

Selain itu, ginjal juga membuang asam yang diproduksi oleh sel-sel tubuh dan menjaga keseimbangan air, garam, dan mineral yang sehat dalam darah.

Apabila ginjal rusak dan terjadi komplikasi, maka penderitanya bisa mengalami berbagai masalah kesehatan seperti anemia, gangguan elektrolit sampai malnutrisi.

Gejala Penyakit Ginjal
Gejala Penyakit Ginjal (Ilustrasi shutterstock)

Bahkan kondisi tersebut bisa membuat seseorang harus menjalani cuci darah sampai 3 kali seminggu dan mengonsumsi obat-obatan khusus. Penyakit ginjal kronis ini bukan hanya bisa menyerang orang dewasa saja tetapi juga bisa menyerang anak-anak.

Pada anak-anak, penyakit ginjal kronis bukan hanya bisa memengaruhi fisik mereka, melainkan juga sosial, emosi, termasuk prestasi belajar di sekolah.

Pentingnya organ ini, membuat setiap orang harus menjaga kesehatannya.

Baca juga: Ciri-ciri Asam Urat Tinggi: Nyeri di Jempol Kaki Tenyata Bisa Komplikasi Ginjal

Dilansir dari Kompas.com, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal, yaitu:

1. Terapkan diet sehat dan seimbang

Untuk menjaga kesehatan ginjal, dianjurkan untuk setiap orang dapat menerapkan pola makan sehat dan seimbang untuk mencegah gizi lebih atau obesitas.

Sepeti diketahui, obesitas dapat memicu tekanan darah tinggi (hipertensi) dan risiko diabetes yang merupakan dua penyebab utama penyakit ginjal kronis pada usia dewasa.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved