Berita Simalungun

Peternak di Simalungun Belum Terima Info Soal Ganti Rugi Rp 10 Juta Sapi Korban PMK dari Pemerintah

eternak sapi di Simalungun masih bingung dengan program ganti-rugi sapi yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) senilai Rp 10 juta

Penulis: Alija Magribi | Editor: Tommy Simatupang
TRIBUN MEDAN/ALIF ALQADRI HARAHAP
26 ekor sapi milik Satria warga Desa Buntu Pane, Kecamatan Setia Janji, Kabupaten Asahan terkena wabah PMK. Sementara, peternak sapi di Kabupaten Simalungun belum mengetahui tentang ganti rugi kematian hewan terkena PMK. 

TRIBUN-MEDAN.com, SIMALUNGUN - Sejumlah peternak sapi di Simalungun masih bingung dengan program ganti-rugi sapi yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) senilai Rp 10 juta, sebagai ganti hewan ternak mereka yang dipaksa mati.

Pasalnya mereka belum menerima informasi apapun  terkait program pemerintah ini.

Irfan Situmorang, peternak asal Desa Kerasaan, Kecamatan Pematang Bandar, Kabupaten Simalungun, mengaku tak tahu ada kabar program ganti rugi.

Ia sendiri belum mendapat informasi apa-apa dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Pemerintah Kabupaten Simalungun.

“Saya nggak tahu ada kabar itu. Jadi yang diganti rugi itu apanya? Sapi ini kan ada jenisnya, usianya, bobotnya, jenis kelaminnya, dan yang diganti rugi itu penilaiannya apa?,” kata Irfan, Jumat (24/6/2022).

Irfan sendiri menyampaikan, dengan mengganti rugi secara serempak Rp 10 juta, tentu ada masalah baru yang timbul.

Mulai dari ketidaksesuaian harga dengan kondisi sapi tersebut, hingga iri-irian. 

“Kalau sapinya masih kecil terus kena PMK dan diganti Rp 10 juta, pastinya peternaknya untung. Tapi kalau sapinya lagi hamil terus dipaksa dimusnahkan itu kan (peternak) justru rugi? Apa pemerintah siap dengan kondisi begini,” kata pria yang memiliki 20 ekor sapi kandangan ini. 

Beban peternak sapi di Kecamatan Gunung Malela juga tak kalah parah.

Di daerah ini, peternak berjumlah sekitar 16 orang terpaksa membuat jamu tradisional mengakali injeksi atau vaksin PMK dari Dinas Ketahanan Pangan Simalungun. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved