BPJS

Kini Klaim BPJS Ketenagakerjaan via JMO hanya 5 Menit, Ini Pesan Gubernur Edy pada BPJS Sumbagut

Efisiensi waktu dalam klaim, dengan digital kini tak sampai 5 menit dengan akses JMO. Cukup masukkan nomor rekening, langsung cair.

Penulis: Diana Aulia | Editor: Randy P.F Hutagaol
TRIBUN MEDAN/Diana Aulia
Pemberian santunan Jaminan Hari tua, Jaminan Kematian, dan santunan kecelakaan kerja, Selasa (24/1/2023). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Warga Medan kini semakin lebih mudah dan cepat untuk klaim pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) dengan menggunakan aplikasi Jamsostek Mobile (JMO).

"Efisiensi waktu dalam klaim, dengan digital kini tak sampai 5 menit dengan akses JMO, tidak perlu upload dokumen, cukup masukkan nomor rekening, langsung kita cairkan saat itu juga," ungkap Kepala Kantor BPJamsostek Sumbagut Henky Rhosidien, Selasa (24/1/2023).

"Kita harus berinovasi salah satunya dengan digital. Tapi kita tidak menghilangkan layanan fisik (tatap muka) karena masih ada yang lebih nyaman atau belum bisa mengoperasikan lewat gadget, ini masih terus kita tingkatkan," tambahnya.

Baca juga: Polisi Gerebek Satu Spa Diduga Sarang Prostitusi, Warga Ngaku Aneh: padahal Ada Banyak Spa di Sini

Dalam kantor baru BPJamsostek Sumbagut, para peserta akan disambut oleh petugas yang akan menanyakan kebutuhan baik seperti klaim pencairan dana. Ada sebanyak 5 counter yang melayani peserta dengan ruang tunggu yang milenial.

"Ini menjadi wajah baru, ruang layanan dengan mengubah tampilan menjadi kekinian dan diharapkan solutif karena tidak ada jarak antara petugas dan masyarakat. Ini juga merupakan jawaban dari tuntutan peserta untuk mendapatkan layanan prima," tuturnya.

Baca juga: Viral Wanita ODGJ Dibakar Hidup-hidup Gegara Dituduh Culik Anak

Gubernur Edy Rahmayadi yang turut meninjau kantor baru BPJamsostek Sumbagut menilai kantor dengan peningkatan layanan akan mempermudah masyarakat untuk pencairan dana.

Namun begitu, Edy meminta kepada BPJamsostek Sumbagut untuk dapat mengedukasi masyarakat agar melek teknologi sehingga dapat dilaksanakan dengan efisien.

"Ini memberikan kemudahan untuk rakyat kita yang membutuhkan dengan data yang lebih jelas. Ada hambatan memang, inikan memudahkan dengan digitalisasi. Rakyat kita masih perlu edukasi untuk hal ini. Perlu ada tuntunan untuk rakyat yang membutuhkan. Sangat nyaman untuk melakukan kegiatan jaminan untuk rakyat kita," ucapnya.

Lebih lanjut, Kepala Kantor Cabang BPJamsostek Medan Kota, dr Suci Rahmad disela-sela kegiatan menyampaikan rasa syukurnya atas selesainya ruang layanan baru yang telah diresmikan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, serta menyatakan siap memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pekerja di Sumatera Utara

BPJamsostek juga melakukan penyerahan santunan manfaat program jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada ahli waris dan juga simbolis kartu kepesertaan Ketenagakerjaan yang merupakan program bantuan iuran dari Sumut.

Selanjutnya juga diserahkan simbolis santunan Jaminan Hari Tua sebesar Rp 105.493.440, santunan Jaminan Kematian (JKM) sebesar Rp 42 juta untuk driver ojek online, santunan Jaminan Kecelakan Kerja dan Jaminan Kematian (JK) sebesar Rp 250.104.260, santunan JKM, JHT, Beasiswa sebesar Rp 45,5 juta, dan santunan JKP sebesar Rp 10,5 juta

(cr10/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved