Breaking News:

Wawancara Eksklusif

Persaingan Skill dan Penguasaan Teknologi, BBPLK Medan Siapkan Kualitas dan Kompetensi Pencari Kerja

Memang sasarannya adalah mereka yang sudah di luar dari pendidikan formal, karena itu yang bisa dilatih di tempat kami.

TRIBUN MEDAN/ANGEL AGINTA SEMBIRING
M. Ali Hapsah, SS, MA, PhD, Kepala BBPLK Medan saat diwawancarai eksklusif di Studio Tribun Medan, Jumat (9/4/2021). 

Laporan Wartawan TRIBUN-MEDAN.com, Angel Aginta Sembiring

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - M. Ali Hapsah, SS, MA, PhD, Kepala Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan menceritakan berbagai hal menarik tentang Kompetensi Pencaker (pencari kerja) di Tengah Hantaman Disrupsi Teknologi dan Pandemi. 

M.Ali Hapsah (M) menyampaikannya secara gamblang dalam wawancara eksklusif pada program Ngopi Sore Tribun Medan yang dipandu Perdata Ginting Manajer Produksi Harian Tribun Medan (T), Jumat (9/4/2021) sore, di Kantor Harian Tribun Medan, Jalan KH Wahid Hasyim Medan. 

M. Ali Hapsah, SS, MA, PhD, Kepala BBPLK Medan di Studio Tribun Medan, Jumat (9/4/2021).
M. Ali Hapsah, SS, MA, PhD, Kepala BBPLK Medan di Studio Tribun Medan, Jumat (9/4/2021). (TRIBUN MEDAN/ANGEL AGINTA SEMBIRING)

Berikut petikan wawancara selengkapnya. 

T : Mengenai BBPLK, apa sebenarnya fungsi dan bagaimana menimba ilmu di BBPLK barangkali saja masih ada masyarakat awam yang belum tahu, Setahu saya hanya ada 5 di Indonesia satu-satunya di luar Pulau Jawa ?

M : Kadang-kadang saya sendiri sedih bertemu orang Medan yang belum mengetahui keberadaan kami. padahal BBPLK ini sudah ada di Medan sejak tahun 1971 dan sudah cukup lama sebenarnya.

Kami ini adalah unit pelaksana teknis di bawah Kementerian Ketenagakerjaan yang memang tugas-tugasnya adalah menyediakan pelatihan kepada kepada pencari kerja kepada mereka yang ingin mendapatkan kompetensi tambahan atau melakukan peningkatan kompetensi untuk benar-benar siap masuk ke dunia kerja jadi tugas kami berada disitu untuk memfasilitasi mereka yang ingin mendapatkan penempatan kompetensi.

T : Ada syarat enggak pak untuk orang-orang yang bisa ikut BBPLK?

M : Pada dasarnya setiap Warga Negara Indonesia mempunyai kesempatan untuk bisa mengakses pelatihan di tempat kami. Memang sasarannya adalah mereka yang sudah di luar dari pendidikan formal, karena itu yang bisa dilatih di tempat kami.

Mereka yang tidak berstatus pelajar atau juga tidak berstatus mahasiswa tapi mereka yang sudah lepas dari pendidikan formal ingin kemudian mendapatkan penambahan kompetensi, itulah yang menjadi sasaran pelatihan kami. Bisa saja juga bagi mereka-mereka yang tidak mendapatkan kesempatan untuk masuk ke pendidikan formal tapi tentu juga ingin mencari pekerjaan dan mendapatkan kompetensi, ini juga bisa masuk ke tempat kami.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved