Breaking News:

Perpres No 60 dan Urgensi Sosial Ekonomi di Danau Toba

Perpres tersebut juga mengatur pembentukan tim penyelamatan danau prioritas nasional

Editor: iin sholihin
ISTIMEWA
Dr Jannus TH Siahaan 

Oleh: Dr Jannus TH Siahaan
Pengamat Sosial dan Kebijakan Publik

PERATURAN Presiden (Perpres) Nomor 60 Tahun 2021 tentang Penyelamatan Danau Prioritas Nasional selain menegaskan 15 danau yang menjadi prioritas penyelamatan oleh pemerintah, Perpres tersebut juga mengatur pembentukan tim penyelamatan danau prioritas nasional.

Dalam Pasal 8 disebutkan, tim penyelamatan danau prioritas nasional terdiri atas dewan pengarah, tim penyelamatan danau prioritas nasional tingkat pusat dan tim penyelamatan danau prioritas nasional tingkat daerah.

Dalam Perpres tersebut, Presiden Jokowi menetapkan kriteria danau yang masuk dalam daftar prioritas nasional dan  terdapat tiga kriteria mengenai danau prioritas nasional.

Pertama, danau mengalami tekanan dan degradasi berupa kerusakan daerah tangkapan air danau, kerusakan sempadan danau, kerusakan badan air danau, pengurangan volume tampungan danau, pengurangan luas danau, peningkatan sedimentasi, penurunan kualitas air, dan penurunan keanekaragaman hayati yang mengakibatkan masalah ekologi, ekonomi, dan sosial budaya bagi masyarakat.

Kedua, danau memiliki nilai strategis ekonomi, ekologi, sosial, budaya, dan ilmu pengetahuan. Dan kriteria ketiga, tercantum dalam salah satu dokumen perencanaan pembangunan, rencana induk, dan/atau bentuk dokumen teknis lainnya di sektor air dan/atau danau.

Perpres juga menjelaskan, penyelamatan danau prioritas nasional merujuk pada arah kebijakan untuk mencegah dan menanggulangi kerusakan ekosistem danau prioritas nasional; memulihkan fungsi dan memelihara ekosistem danau prioritas nasional; serta memanfaatkan danau prioritas nasional dengan tetap memperhatikan kondisi dan fungsinya dapat berkelanjutan.

Idealisme di balik Perpres No 60 tersebut memang perlu diterima secara positif. Namun di sisi lain pemerintah seharusnya peka pada konteks ekonomi dan lokalitas, karena kebijakan yang baik sekalipun tidak saja terletak pada niat dibaliknya, tapi juga harus peka terhadap berbagai kontekstualitas yang ada.

Adalah fakta bahwa dua dekade terakhir sebenarnya banyak danau yang telah menjadi penopang ekonomi daerah di mana danau tersebut berada. Dua danau yang bisa dipilih sebagai contoh yaitu Danau Toba di Sumatera Utara  dan Danau Maninjau di Sumatera Barat.

Kedua, danau ini memiliki masalah yang hampir sama ketika diperhadapkan dengan isu lingkungan, yakni Keramba Jaring Apung (KJA).

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved