Breaking News:

TFC PREMIUM: Pempek Sriwijaya Hadir di Kota Medan Lebih dari 20 Tahun

Janice yang awalnya bekerja di perusahaan asing mengharuskannya bekerja ke luar kota. Namun, saat itu terpikir olehnya untuk memiliki usaha sendiri.

TRIBUN MEDAN/NATALIN
PEMILIK Pempek Sriwijaya, Janice memegang salah satu varian rasa Pempek Sriwijaya. 

TRI BUN-MEDAN.COM, MEDAN - Tahukan Anda, pempek tidak hanya ada di Kota Palembang. Hampir di semua daerah di Sumatera Selatan (Sumsel) memproduksi makanan kenyal ini. Penyajiannya ditemani saos berwarna hitam kecoklatan yang disebut cuka atau cuko dan dibuat pedas guna menambah selera.

Di Kota Palembang, makanan ini bisa ditemukan dengan mudah, mulai dari restoran hingga gerobak.

Bagaimana Pempek di Kota Medan? Di ibukota Sumatera Utara ini teryata sudah berdiri Pempek Sriwijaya lebih dari 20 tahun.

Pemilik Pempek Sriwijaya, Janice mengatakan, pihaknya menyajikan Pempek yang merupakan makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan tenggiri. Diakuinya, makanan kuliner Indonesia ini harus terus dipertahankan dan dikembangkan.

Bisnis kuliner ini ia rintis bersama sang suami, Brilian Moktar sejak tahun 1999. Resep Pempek Sriwijaya diketahui Janice dari mertuanya.

Kilas balik ke belakang, Janice yang awalnya bekerja di perusahaan asing mengharuskannya bekerja ke luar kota. Namun, saat itu terpikir olehnya untuk memiliki usaha sendiri.

Pempek Sriwijaya Hadirkan Pempek Frozen Tanpa Pengawet, Bisa Tahan Setahun

"Kenapa saya pilih usaha kuliner Pempek, karena Pak Brilian suka makan Pempek. Pada waktu itu kita baru berumahtangga, Pak Brilian tidak menemukan makanan kesukaannya yang dari daerahnya, karena Pak Brilian mamanya orang Palembang, papanya orang Jambi. Di Medan kita tidak menemukan Pempek, makanya mama mertua saya mengajari saya untuk membuat pempek," ujar Janice.

Saat itu, terpikir olehnya, ada satu potensi yang bisa dikembangkan, untuk menjawab kerinduan orang-orang di Medan akan Pempek. Ia pun memasarkan Pempek Sriwijaya dan mendapat respon yang bagus dari konsumen.

"Pak Brilian yang menemukan nama untuk Pempek ini, Pempek Sriwijaya. Kita tahu Sriwijaya itu satu kerajaan yang memang dulu sangat terkenal di Sumatera Selatan jadi kita memakai nama kerajaan itu yang mana sudah familiar kepada semua orang dan memang kerajaan ini ada di Sumsel," ungkapnya.

PROSES produksi Pempek Sriwijaya.
PROSES produksi Pempek Sriwijaya. (TRIBUN MEDAN/NATALIN)

Beberapa produk Pempek Sriwijaya diantaranya kapal selam, kapal selam telur bebek, kapal selam telur ayam, kapal selam telur asin, lenjer, adaan, pempek kulit crispy, kumis naga, batagor bumbu kacang, tekwan, otak-otak bakar, otak-otak goreng dan sebagainya.

Halaman
123
Penulis: Natalin Sinaga
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved