Breaking News:

Penggerebekan Swab Antigen Bekas di KNIA

Lima Tersangka Kasus Tes Antigen Bekas Terancam 10 Tahun Penjara dan Denda Rp 1 Miliar, Ini Pasalnya

Kelima tersangka yakni PC selaku Bisnis Manager dan Plt Kepala Kantor Kimia Farma Kota Medan, beserta empat orang anggotanya yakni DP, SP, MR dan RN.

Penulis: Muhammad Fadli Taradifa | Editor: Juang Naibaho
TRIBUN MEDAN / M FADLI TARADIFA
Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak saat pimpin pengungkapan kasus rapid antigen daur uang, Kamis (29/4/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Polisi menetapkan lima orang dalam kasus alat rapid antigen bekas di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara.

Kelima tersangka yakni PC selaku Bisnis Manager dan Plt Kepala Kantor Kimia Farma Kota Medan, beserta empat orang anggotanya yakni DP, SP, MR dan RN.

Para pelaku yang diamankan dijerat dengan pasal UU Kesehatan dan UU Perlindungan Konsumen.

Dalam jeratan pasal UU Kesehatan, para pelaku dipersangkakan Pasal 98 ayat 3 Jo Pasal 196 UU Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan.

Adapun ancaman hukuman sesuai pasal-pasal tersebut, yakni penjara 10 tahun dan denda Rp 1 miliar.\

"Karena para pelaku sudah terbukti melakukan tindak pidana dari hasil penyelidikan kita. Mereka memproduksi dan mengedarkan alat kesehatan yang tidak memenuhi standar.," kata Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak dalam pengungkapan kasus di Mapolda Sumut, Kamis (29/4/2021).

Dalam ungkap kasus ini, turut hadir Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin dan Wakapolda Sumut Brigjen Pol Dadang Hartanto.

Selain UU Kesehatan, penyidik juga menerapkan Pasal 8B, D dan D jo Pasal 62 ayat 1 UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

"Di mana disebutkan setiap orang atau pelaku usaha, dilarang memproduksi dan atau memperdagangkan barang yang tidak standar dipersyaratkan. Ancaman penjara maksimal 5 tahun dan denda Rp 2 miliar," ucapnya.

Baca juga: 5 Orang Ditetapkan Tersangka Kasus Tes Antigen Daur Ulang, Keuntungan Pelaku Capai Rp 1,8 Miliar

Kapolda mengatakan, kelima tersangka diamankan petugas Ditreskrimsus Polda Sumut di Bandara Kualanamu pada 27 April 2021 lalu.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved