Tips

Tips Cegah Tikus Masuk ke Mobil Kesayangan Anda

Mau tidak mau, pemilik mobil harus menggelontorkan dana yang tidak sedikit untuk memperbaiki komponen mobil yang rusak digigit tikus.

Int
Ilustrasi tikus 

TRIBUN-MEDAN.com - Kehadiran tikus yang masuk ke mobil menjadi permasalah yang kerap mengganggu. Binatang pengerat ini selalu merusak komponen –komponen yang ada di mobil.

Mulai dari menggigit komponen kelistrikan, menggigit komponen mobil yang terbuat dari plastik, bahkan membuat sarang di bagian ruang mesin. Hal ini tentunya membuat pemilik mobil jengkel dengan ulah tikus.

Komponen mobil akan mudah konslet dan rusak sehingga mengganggu performa mobil. Bahkan kabel komponen kelistrikan dapat putus di gigit tikus yang mengakibatkan mesin mobil mati.

Mau tidak mau, pemilik mobil harus menggelontorkan dana yang tidak sedikit untuk memperbaiki komponen mobil yang rusak digigit tikus.

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Division Service PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan pemilik mobil harus mencegah kedatangan tikus ke mobil guna melindungi kendaraan.

“Ada beberapa tips atau cara sederhana agar tikus tidak  masuk mobil menggigit kabel-kabel di kendaraan. Salah satunya yaitu rutin membersihkan mobil dari sisa makanan,” kata Bambang baru-baru ini pada Kompas.com.

Mobil yang jarang dibersihkan, terutama banyak sampah sisa makanan yang ditinggalkan di dalam kabin akan mengundang tikus datang.

Maka dari itu, pemilik mobil harus selalu memastikan mobil bersih agar tidak menjadi habitat yang tikus gemari.

Bambang menyebutkan, cara lainnya adalah jangan membiarkan mobil parkir dalam kondisi lama.

Meskipun jarang dipakai, sesekali lokasi parkir mobil harus dipindah. Jika terlalu lama dibiarkan di tempat yang sama, tikus akan menjadikan mobil sebagai sarang barunya.

“Kemudian, hindari parkir mobil di samping tempat yang banyak makanan sisa. Misal tempat sampah, pasar dan sebagainya. Ada banyak tikus yang berkeliaran di sana yang kemungkinan akan ikut masuk ke mobil,” kata Bambang.

Kalau sudah ada indikasi ada tikus yang bersarang di mobil, pemilik kendaraan harus segera mengusir tikus agar tidak bersarang di mobil.

“Mobil yang sudah terindikasi terdapat tikus di dalamnya bisa diberi kapur barus atau wewangian supaya pergi dari mobil,” kata Bambang.

(*/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved